Rabu, 16 Oktober 2013

penalaran yang berkaitan dengan perusahaan BlackBerry



TULISAN SOFTSKILL  BAHASA INDONESIA 2
“ PENALARAN YANG BERKAITAN DENGAN PERUSAHAAN BLACKBERRY”
NAMA            : Dessy. Septiyani
KELAS           : 3eb25
NPM               : 21211902
DOSEN          : Danang. Wijayanto

KATA PENGANTAR
            Dengan segala kerendahan hati penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan Tugas Makalah ini untuk memenuhi dalam bidang penilaian mata kuliah Softskill Bahasa Indonesia 2 yang berjudul “PENALARAN YANG BERKAITAN DENGAN PERUSAHAAN BLACKBERRY ” 
Mungkin dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan baik itu dari segi penulisan, isi dan lain sebagainya, maka penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran guna perbaikan untuk pembuatan makalah untuk hari yang akan datang.
Demikianlah sebagai pengantar kata, dengan iringan serta harapan semoga tulisan sederhana ini dapat diterima dan bermanfaat bagi pembaca. Atas semua ini penulis mengucapkan ribuan terima kasih yang tidak terhingga, semoga segala bantuan dari semua pihak mendapat amal baik yang diberikan oleh Allah SWT.

Bekasi, Oktober 2013


   Dessy. Septiyani


BAB 1
Pendahuluan
1.1  latar belakang
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas penulis kepada Dosen bidang studi Bahasa Indonesia 2 . Selain itu mengingat tentang pentingnya materi ini dengan Penalaran yang berkaitan dengan perusahaan Blackberry.
Penalaran (Reasioning) adalah suatu proses berpikir dengan menghubung-hubungkan bukti, fakta atau petunjuk menuju suatu kesimpulan.
Secara umum, ada dua jenis penalaran atau pengambilan kesimpulan, yakni penalaran induktif dan deduktif.
BlackBerry adalah perangkat genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon selular, sms, faksimili Internet, menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.
Blackberry ini dibuat oleh perusahaan yang bernama Research in Motion (RIM).
Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia. Walaupun blackberry merupakan perusahaan yang sangat besar dan tersebar hampir di seluruh dunia, tidak menutup kemungkinan bahwa produk yang dihasil perusahaan blackberry ini masih jauh dari kata memuaskan, masih banyak permasalahan-permasalahan yang perlu diselesaikan agar produk yang dihasilkan dapat memuaskan para konsumen.

1.2  rumusan masalah
setelah memahami latar belakang, Rumusan Masalah yang dibahas dalam penulisan makalah ini adalah untuk membahas secara luas mengenai Penalaran yang berkaitan dengan Perusahaan Blackberry.

1.3  Tujuan Penulisan
Dari rumusan masalah yang telah di paparkan, maka tujuan penulisan adalah :
1.      Mengetahui pengertian dari penalaran
2.      Mengetahui macam macam penalaran
3.      Mengetahui penalaran apa saja yang berhubungan dengan perusahaan BlackBerry


BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Penalaran
Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi – proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui.
Proses inilah yang disebut menalar. Dalam penalaran, proposisi yang dijadikan dasar penyimpulan disebut dengan premis (antesedens) dan hasil kesimpulannya disebut dengan konklusi (consequence). Hubungan antara premis dan konklusi disebut konsekuensi.
Ada dua jenis metode dalam menalar yaitu induktif dan deduktif :

Penalaran induktif adalah proses berpikir untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku umum berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat khusus. Prosesnya disebut induksi.

Contoh penalaran induktif
·         Blackberry Curve 8520 memiliki microSD, microSDHC up to 32 GB
·         Blacberry Bold 9780 memiliki microSD, microSDHC up to 32 GB
·         Blacberry javelin 8900 memiliki microSD, microSDHC up to 32 GB.
      Kesimpulan : Semua Blackberry Curve memiliki microSD, microSDHC up to 32  GB
Penalaran induktif dapat berbentuk  :

Generalisasi : Proses penalaran yang bertolak dari fenomena individual menuju kesimpulan  umum.
Contoh :
·         Jika Andin mendapat peringkat 1 maka ia akan mendapat hadiah handphone blackberry.
·         Jika Ari mendapat peringkat 1 maka ia akan mendapat hadiah handphone blackberry.
·         Kesimpulan Jika mereka mendapat nilai yang bagus maka mereka akan mendapat hadiah handphone blackberry
Generalisasi dibagi menjadi 2 :
1.      Generalisasi tidak sempurna / loncatan induktif : Fakta yang digunakan belum mencerminkan seluruh fenomena yang ada.
Contoh : Hampir seluruh warga di dunia menggunakan handphone blackberry
2.      Generalisasi sempurna / tanpa loncatan induktif : Fakta yang diberikan cukup banyak dan meyakinkan.
Contoh : Semua menggunakan handphone blackberry


Analogi : Adalah membandingkan dua hal yang banyak persamaanya. Kesimpulan yang diambil dengan jalan analogi, yakni kesimpulan dari pendapat khusus dari beberapa pendapat khusus yang lain, dengan cara membandingkan situasi yang satu dengan yang sebelumnya.
Dalam berfikir Analogis, kita meletakan suatu hubungan baru berdasarkan hubungan-hubungan baru itu. Dan kita juga dapat menarik kesimpulan bahwa jika sudah ada persamaan dalam berbagai segi, ada persamaan pula dalam bidang yang lain. Pada pembentukan kesimpulan dengan jalan analogi, jalan pikiran kita didasarkan atas persamaan suatu keadaan yang khusus lainnya. Karena pada dasarnya hanya membandingkan persamaan – persamaan dankemudian dicari hubungannya. Maka sering kesimpulan yang diambil tidak logis.
Dari penjabaran diatas, dapat dikatakan bahwa penalaran analogi adalah proses penyimpulan berdasarkan fakta atau kesamaan data. Analogi juga dapat dikatakan sebagai proses membandingkan dari dua hal yang berlainan berdasarkan kesamaannya kemudian berdasarkan kesamaannya itu ditarik suatu kesimpulan.

Contoh :
Kita banyak tertarik dengan handphone Blackberry, karena banyak persamaannya dengan handphone Samsung. Blackberry dengan Samsung memiliki aplikasi banyak yang cukup sama. Blackberry mempunyai keunggulan di Blackberry Messangernya (BBM)  sedangkan Samsung tidak . Jika Samsung mengeluarkan aplikasi BBM sangatlah mungkin penjualan Blackberry dipasaran akan mengalami penurunan.


hubungan sebab akibat : Hubungan sebab akibat ialah hubungan ketergantungan antara gejala-gejala yang mengikuti pola sebab akibat, akibat sebab, dan akibat-akibat.

 Contoh :
Masalah keterpurukan perusahaan Blackberry merupakan salah satu hal yang dapat membuat Blackberry mengalami kebangkrutan, Blackberry saat ini mengalami keterpurukan besar. BlackBerry kalah dari platform mobile yang lebih baru, seperti Android dan iOS. Keduanya menawarkan sistem operasi yang lebih bagus. Itu sebabnya perusahaan BlackBerry terpuruk akibat saingan yang terlalu berat.

Penalaran deduktif : Metode berpikir deduktif adalah metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus. Konteks penalaran deduktif tersebut, konsep dan teori merupakan kata kunci untuk memahami suatu gejala. Penarikkan kesimpulan secara deduktif biasanya mempergunakan pola berpikir yang dinamakan silogisme. Silogisme disusun dari dua buah pernyataan, yaitu premis mayor dan premis minor dan sebuah kesimpulan.

Contoh :
·         Nokia adalah produk layanan yang dihasilkan operator telekomunikasi terdiri dari push email, chating dan browsing internet.
·         BlackBerry adalah produk layanan yang dihasilkan operator telekomunikasi terdiri dari push email, chating dan browsing internet.
·         Kesimpulan Semua produk layanan yang dihasilkan operator telekomunikasi terdiri dari push email, chating dan browsing internet.

Ada 2 macam penalaran deduktif :

1.      Menarik simpulan secara Langsung : menarik Simpulan secara langsung ditarik dari satu   premis.
2.      Menarik simpulan secara Tidak Langsung :menarik secara tidak langsung merupakan kebalikan dari secara langsung dimana pada secara tidak langsung membutuhkan 2 buah premis sebagai datanya.

 Silogisme
Silogisme adalah Silogisme adalah suatu proses penarikan kesimpulan secara deduktif. Silogisme disusun dari dua proposi (pernyataan) dan sebuah konklusi (kesimpulan). Dengan fakta lain bahwa silogisme adalah rangkaian 3 buah pendapat, yang terdiri dari 2 pendapat dan 1 kesimpulan.

Contoh :
·         Perusahaan Blackberry mengalami keterpurukan
·         Platform mobile yang terbaru yaitu Android dan iOS
·         Kesimpulan Blackberry terpuruk karena platform mobile yang terbaru


Bentuk bentuk silogisme

1.      Silogisme Kategorial
Silogisme yang semua posisinya merupakan proposisi kategorik, demi lahirnya konklusi maka pangkal umum tempat kita berpijak harus merupakan proposisi universal, sedangkan pangkalan khusus tidak berarti bahwa proposisinya harus partikuler atau singuler, tetapi bisa juga proposisi universal tetapi ia diletakkan di bawah aturan pangkalan umumnya.

           
Contoh :
·         Perusahaan Blackberry mengeluarkan seri terbaru
·         BlackBerry curve 8520 adalah seri terbaru
·         Kesimpulan blackBerry curve 8520 adalah seri terbaru

2.      Silogisme Hipotesis
yang premis mayornya berupa proposisi hipotesis sedangkan premis minornya adalah proposisi kategorik yang menetapkan atau mengingkari term antecendent atau term konsekwen premis mayornya . Sebenarnya silogisme hipotesis tidak memiliki premis mayor maupun premis minor karena kita ketahui premis mayor itu mengandung term predikat pada konklusi, sedangkan premis minor itu mengandung term subyek pada konklusi.
           
Contoh :
·         Jika saya mendapatkan arisan
·         Saya akan membeli handphone blackberry
·         Sekarang mendapat arisan
·         Kesimpulan Jadi saya akan membeli handphone blackberry


SEJARAH BLACKBERRY

BlackBerry ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1997. Sejak peluncurannya pada tahun 1999, BlackBerry telah berhasil meraup lebih dari 8 juta pelanggan di seluruh dunia. Awalnya, BlackBerry ingin dinamakan POCKET LINK, dan hampir juga dinamakan STRAWBERRY karena mirip dengan buah strawberry, namun kandas karena terkesan lembek dan akhirnya perangkat komukasi ini dinamakan BlackBerry.
Di Indonesia sendiri, BlackBerry diperkenalkan pertama kali pada pertengahan bulan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub ini sebenernya adalah Rekan utama BlackBerry di Indonesia dan menjadi bagian dari layanan dalam segala hal teknis mengenal instalasi BlackBerry melalui operator Indosat. Indosat sendiri menyediakan layanan BlackBerry Internet Services dan BlackBerry Enterprise Server. Namun di tahun 2006, Indosat menangani sendiri kerjasama BlackBerry dengan produsen asal Canada, RIM (Research In Motion), untuk memasarkan BlackBerrynya. Selain Indosat, BlackBerry yang resmi saat ini dijual melalui operator XL, telkomsel, AXIS, dan lainya.
Kemunculan BlackBerry di Indonesia bisa dikatakan sangat sukses, dimana saat itu informasi mengalir tiada henti, dan untuk akses untuk mendapatkan informasi tersebut bisa digolongkan cukup mahal di Indonesia. Namun dengan BlackBerry semua masalah itu bisa terselesaikan dengan mudah.
Pertumbuhan pasar BlackBerry memang mengejutkan, khususnya setelah perangkat komunikasi ini dijual untuk konsumen umum (ritel / individual). Dalam tempo empat bulan setelah layanan BlackBerry On Demand diluncurkan Indosat jumlah pelanggan bertambah 15 ribu, dan angka ini yang cukup fantastis.

Saat ini target penjualan BlackBerry mencapai 100 ribu unit. Mungkinkah tercapai? Saat ini Pertumbuhan BlackBerry dari tahun ke tahun selalu tinggi. Kurun waktu tahun 2004 – 2005, pertumbuhannya 25%. Tahun 2006 naik 50%. Tahun 2006 – 2007 tumbuh 100%. Tahun 2007 – 2008 berkembang 250%. BlackBerry yang paling disukai saat ini adalah BlackBerry Curve 8520, BlackBerry Bold 9780, BlackBerry javelin 8900. Untuk harga, Harga BlackBerry Curve 8520 adalah harga BlackBerry yang digolongkan paling murah. Sehingga di tahun ini, peningkatan penjualan BlackBerry Gemini ini sangat pesat.       

Peluncuran BlackBerry dan Pertumbuhan Perusahaan

Pada tahun 1999, RIM memperkenalkan pager BlackBerry 850. Dengan nama yang merujuk pada kemiripan papan ketiknya dengan buah beri hitam, alat ini mampu menerima surel masuk dari server Microsoft Exchange dengan perangkat lunak servernya, BlackBerry Enterprise Server (BES). Peluncuran BlackBerry menjadi awal dari jajaran produk korporat masa depan perusahaan ini, seperti BlackBerry 957 pada April 2000, telepon pintar BlackBerry pertama. Platform BlackBerry OS dan BES terus ditingkatkan fungsionalitasnya, sementara enkripsi dan S/MIME membantu popularitas BlackBerry di kalangan pemerintahan dan korporasi.
Tak lama kemudian, RIM memperkenalkan perangkat BlackBerry untuk konsumen dengan meluncurkan BlackBerry Pearl 8100, telepon BlackBerry pertama yang dilengkapi fitur multimedia seperti kamera. Peluncuran jajaran produk Pearl sangat sukses, tetapi peluncuran iPhone oleh Apple Inc. mendorong RIM membuat telepon pintar layar sentuhnya sendiri pada tahun 2008, BlackBerry Storm. BlackBerry Storm gagal di pasar konsumen, namun produk BalckBerry terus menuai sukses di pasar korporat.[8] Pada Mei 2010, BlackBerry memiliki pangsa sistem operasi telepon pintar sebesar 10,4%.
RIM memperkenalkan diri ke seluruh dunia dengan membuka fasilitas baru di North Sydney, New South Wales, Australia pada Februari 2009. Kantor baru RIM secara resmi dibuka oleh Thomas A.MacDonald, Konsul Jenderal Kanada, dalam acara peresmian yang dihadiri pejabat pemerintah New South Wales dan North Sydney Council, serta mitra dan pelanggan RIM. Kantor baru ini memiliki fasilitas pelatihan, pusat riset dan pengembangan, pusat pemasaran mitra strategis dan layanan bantuan teknis.
Tanggal 18 Agustus 2009, Fortune menyebut RIM sebagai perusahaan yang pertumbuhannya tercepat di dunia dengan kenaikan laba sebesar 84% dalam kurun tiga tahun meski terjadi resesi.Tanggal 27 September 2010, RIM meluncurkan komputer tablet BlackBerry PlayBook. BlackBerry PlayBook secara resmi diluncurkan ke pasar Amerika Serikat dan Kanada pada 19 April 2011.
Pada 30 Juni 2011, dorongan investor agar perusahaan ini menghapus struktur CEO gandanya dibatalkan setelah berhasil mencapai kesepakatan dengan RIM. RIM mengumumkan bahwa setelah menjalani diskusi, Northwest & Ethical Investments akan menarik proposal pemegang sahamnya sebelum rapat tahunan RIM.
Kejatuhan Bulan Juni 2011, RIM memprediksi labanya pada Q1 2011 akan jatuh untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun dan mengungkapkan rencana pemutusan hubungan kerjanya. Nilai saham RIM jatuh ke titik terendahnya sejak 2006. Sejak Juni 2008 hingga Juni 2011, pemegang saham RIM kerugian $70 miliar, atau 82 persen, setelah kapitalisasi pasarnya turun dari $83 miliar ke $13,6 miliar, terbesar di kalangan perusahaan perangkat telekomunikasi.
Pada Juli 2011, perusahaan ini memberhentikan 2.000 karyawannya dalam musim PHK terbesar sepanjang sejarahnya. PHK ini mengurangi jumlah karyawan perusahaan sebesar 11% dari 19.000 orang menjadi 17.000.
RIM kehilangan pangsa pasarnya di seluruh dunia karena popularitas produk iPhone dari Apple Inc. dan telepon cerdas bersistem operasi Android, sehingga laba dan nilai sahamnya turun. Pada tanggal 16 Desember 2011, nilai saham RIM jatuh ke harga terendah sejak Januari 2004 dan jatuh 77 persen pada tahun 2011. Pada Maret 2012, sahamnya bernilai kurang dari $14, jauh berbeda dibandingkan $140 pada tahun 2008. BlackBerry PlayBook yang diluncurkan tahun 2011 sebagai alternatif iPad Apple untuk perusahaan hanya mendulang sedikit kesuksesan di pasar komersial. Sementara itu, CEO Thorsten Heins merombak fokus bisnis RIM dan menjelaskan bahwa fitur-fitur konsumen seperti aplikasi hiburan tidak penting bagi para pengguna utama produk ini.
Pada Agustus 2012, RIM berencana mengembalikan fokus telepon genggam BlackBerry mereka ke masa-masa yang membuat mereka sukses, yaitu mengkhususkan BlackBerry kepada para profesional bisnis. Thorsten Heins juga akan meluncurkan OS baru, BB10, yang ia rasa mampu mengembalikan masa kejayaan RIM. Sayangnya, usaha ini tetap gagal memuaskan para pemegang saham, karena setelah berbicara tentang rencana masa depan BlackBerry, harga sahamnya kembali anjlok 5 persen.
Perombakan dan Perubahan Merek
Setelah dihujani kritik dan mengalami berbagai penundaan, RIM secara resmi meluncurkan sistem operasi BlackBerry 10 dan dua telepon pintar baru dengan platform ini, BlackBerry Z10 dan Q10, pada tanggal 30 Januari 2013.
Pada acara peluncuran itu pula, perusahaan ini menyatakan akan mengubah merek publiknya dari Research In Motion ke BlackBerry. Perubahan nama ini bertujuan "meletakkan merek BlackBerry di tengah-tengah" berbagai merek produk perusahaan ini dan karena pengguna di beberapa negara "mengenal perusahaan ini dengan nama BlackBerry".[9] Meski para pemegang saham setuju pergantian nama resmi menjadi BlackBerry Limited akan dilakukan pada rapat umum tahunan berikutnya, simbol sahamnya di TSX dan NASDAQ sudah berubah menjadi BB dan BBRY pada tanggal 4 Februari 2013.

BlackBerry
BlackBerry adalah telepon seluler yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, BlackBerry Messenger (BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Penggunaan gawai canggih ini begitu fenomenal belakangan ini, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, BlackBerry. Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia.

Sejarah BlackBerry di Indonesia
BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelcom dan Telkomsel.

 Produk Unggulan BlackBerry
Produk yang menjadi andalan utama dan membuat BlackBerry digemari di pasar adalah fitur surat-e cepat (push e-mail). Produk ini mendapat sebutan surat-e cepat karena seluruh surat-e baru, daftar kontak, dan informasi jadwal (calendar) “ditampilkan” langsung ke dalam BlackBerry secara otomatis.
Seperti yang telah disebutkan di atas mengenai keunggulan dari BlackBerry, yaitu push e-mail. Dengan push e-mail semua surat-e masuk dapat diteruskan langsung ke ponsel. E-mail juga sudah mengalami proses kompresi dan scan di server BlackBerry sehingga aman dari virus. Lampiran berkas berupa dokumen Microsoft Office dan PDF dapat dibuka dengan mudah. Sebuah surat-e berukuran 1 MB jika diterima melalui push e-mail dapat menjadi 10 KB dengan isi yang tetap.
Pengguna tidak perlu mengakses Internet terlebih dulu dan membuka satu persatu surat-e yang masuk, atau pemeriksaan surat-e baru. Hal ini dimungkinkan karena pengguna akan terhubung secara terus-menerus dengan dunia maya melalui jaringan telepon seluler yang tersedia. Alat penyimpanan juga memungkinkan para pengguna untuk mengakses data yang sampai ketika berada di luar layanan jangkauan nirkabel. Begitu pengguna terhubung lagi, BlackBerry Enterprise Server akan menyampaikan data terbaru yang masuk.
Kelebihan lainnya adalah kemampuan BlackBerry yang dapat menampung surat-e hingga puluhan ribu tanpa ada risiko hang, asalkan masih ada memori tersisa.
BlackBerry juga bisa digunakan untuk chatting. Mirip dengan Yahoo Messenger yang bernama BlackBerry Messenger (BBM) yang berjalan melalui jaringan BlackBerry dengan memasukan nomor identitas unik atau PIN dari setiap ponsel BlackBerry.
Semua layanan BlackBerry ini dikenal sangat aman, baik surat-e, chatting, maupun browsing. Untuk browsing Internet, data-data dari situs web sudah dikompresi sehingga lebih cepat dibuka.

Sistem operasi
RIM menyediakan sistem operasi multi-tugas (multi-tasking operating system - OS) bagi BlackBerry yang memungkinkan penggunaan secara intens dari sebuah alat. OS menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan kalendar Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. Sementara OS 4 yang terbaru merupakan pelengkap dari MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalender, dan lain-lain.

Model
Model Awal : 850, 857, 950, 957 Model Monokrom berbasis Java : seri 5000 dan seri 6000 Model Warna : seri 7200, seri 7500 dan seri 7700 Model dengan kemudahan mengetik : seri 7100 Model BlackBerry Modern : seri Huron (8800), termasuk BlackBerry Pearl (8100) dan BlackBerry Curve (8300) Model Terkini (2008- ..) : Seri Bold (9000), Pearl Flip (8220), Storm (9500), Javeline (8900), dan Gemini (8520) BlackBerry Bold 9700 dan BlackBerry storm II, lalu yang terbaru adalah BlackBerry 9900, BlackBerry 9930
Umumnya BlackBerry dijual sepaket dengan nomor operator GSM seperti XL, Indosat,Axis dan Telkomsel. Dengan demikian, unit BlackBerry dikunci dengan tiga operator. Namun ada juga unit BlackBerry sebagai unit yang terpisah, alias sudah di-unlock sehingga bisa dipakai oleh seluruh operator.

Permasalahan Hardware dan Software pada Blackberry
Problem pada Hardware :
1. Trackball Bermasalah : ini bisa berarti trackball tidak mau bergerak, atau bahan loss.Biasanya ini terjadi karena roller atau pin-pin kecil yang ada pada sekeliling trackball kotor atau berdebu.
SOLUSI : anda sebenarnya bisa membersikan sendiri roller ini. Caranya adalah dengan membongkat piranti trackball. Untuk membersihkan keempat roller tersebut cukup dilakukan dengan mengosok-gosokannya degnan dua jari.Namun ingat anda harus teliti dan sangat berhati-hati ketika membuka trackball karena piranti ini sangat rentan.Sebaiknya gunakan pinset ketika membukanya.

2. Layar Berdebu : Ini adalah masalah klasik bagi sebuat handset. Sebuah peralatan elektronik yang selalu di bawa-bawa tentu sangat mudah terkena kotoran.
SOLUSI : Cara membersihkan ponsel kesayangan anda cukup mudah. Setiap unit Blackberry biasanya dipasang sekrup yang bisa di buka dengan obeng berukuran T5 dan T6.Perlu diingat, anda tidak boleh memaksa memutar sekrup karena bisa mengakibatkan patah. Untuk membersihkannya jangan gunakan tisu namun pakailah kain halus seperti yang biasa dipakai untuk membersihkan kacamata.

3 Port USB Longgar : Hal ini biasa terjadi jika sering mencabut kabel USB yang terhubung pada BB dengan cara menggoyang goyangkan kabel tersebut.Memang pada awalnya port USB terasa susah di cabut.Maklum masi baru.
SOLUSI : Cara paling aman adalah kabel tanpa menggrakkannya ke kanan kiri.Port USB tidak akan bisa diperbaiki setelah ia rusak. Satu-satunya cara adalah mengganti dengan suku cadang yang baru.
4 TouchScreen Storm Tak Responsif : Terkadang touchscreen dengan teknologi SurePress ini tidak merespons keinginan anda dengan benar. Ketika ditekan, layar lebar milik storm biasanya terasa empuk.Namun ada beberapa kasus layar storm merespons hanya di bagian-bagian tertentu saja.
SOLUSI : Anda perlu tahu bahwa pada Storm terdapat empat sekrup kecil yang di tanamkan di tiap ujung layar.Empat sekrup inilah yang mengontrol tingkat keempukan dan responsibilitas terhadap tekanan pada layar.Anda sebenarnya dapat melakukan sendiri pengaturan terhadap sekrup-sekrup ini. Namun tentu membutuhkan tingakat ketelitian yang tinggi karena anda akan berurusan dengan item-item yang kecil dan sangat rentan.

5 Elemen Bagian Samping Tak Bekerja : Hal ini biasa terjadi setelah anda mengganti Bezel atau tulang samping di Blackberry. jika anda perhatikan, bezel ini bukan sekedar hiasan namun merupakan tempat meletakan elemen seperti tombol suara. USB port, headphone jack, dan lain2. Mungkin saja bezel baru tersebut tidak terpasang dengan benar sehingga fitur tidak berjalan dengan baik.
SOLUSI : Cara teraman adalah dengan mengganti kembali ke bezel original. Namun jika anda terlanjur suka dengan bezel yang baru, kami sarankan untuk mengecek dan membetulkan letak bezel tersebut.
Problem pada Software :
1 Email Sudah Di hapus Tapi Masi Ada : Email sudah di delete, tapi tak juga hilang.Ada beberapa penyebab persoalan ini. Bisa karena tidak sinkron atau , data base error.
SOLUSI : Salah satu cara mengatasi problem ini adalaha setelah menghapus email dari outlook inbox, hapus secara permanen dengan menekan tombol Shift dan Delete bersamaan. Bisa juga melakukan dengan menghapus secara manual dan delete items folder.

2 Email Tidak Bisa Masuk : Terkadang email tidak bisa masuk ke dalam Inbox. ini disebabkan memori.Blackberry anda sudah penuh,sehingga email-email baru tidak bisa masuk.
SOLUSI : Untuk mengatasinya kita bisa melakukan pendaftaran ulang. Caranya : masuk ke Menu Utama,pilih Advance Option,lalu arahkan ke Host Rotating Table, Pilih Menu , Register Now, dan terakhir Registration Message Sent.

3 Tidak Bisa Mengirim Emali : Hal ini dapat terjadi karena adanya problem pada servis jaringan GPRS.

SOLUSI : Pertama anda bisa melakukan soft reset yaitu dengan menekan tombol ALT+ CAP + DELETE secara bersamaan. Kedua melakukan hard reset dengan menekan tombol reset yang terletak di belakang handset. cek lambang antena pada BB anda. Setelah melakukan kedua reset ini harusnya lambang antena telah menunjukan sinyal GPRS.cobalah untuk mengirimkan email pada diri sendiri.

4 Mati Ketika Akan Menjawab Panggilan Masuk : Anda tentu sangat kesal jika mengalami hal tersebut,terlebih jika telepon itu merupakan panggilan yang sangat penting atau yang anda tunggu-tunggu.Anda bisa di cap sombong atau malah di curigai karena langsung mematikan panggilan.
SOLUSI : Cara paling ampuh untuk mengatasi problem ini adalah mencabut batrei dari handset.Biasakan untuk melepas batrei minimal satu minggu sekali.Biarkan kira kira lima sampai sepuluh menit lalu masikan kembali.Hal ini dilakukan untuk me refresh memori BB.

5 Layar Sering Nge Blank : hal seperti ini sering terjadi pada handset yang menggunakan operating system layaknya komputer.
SOLUSI : Biasanya coba lakukan softreset dan cabut memory card jika ada. kalau hal ini tidak berhasil coba melakukan upgrade atau downgrade operating system(OS) Blackberry.
Perusahaan BlackBerry Laku Terjual Rp 54 Triliun


Jakarta - Cukup lama setelah dinyatakan akan dijual, akhirnya BlackBerry akan menemukan pembeli yang tepat. Perusahaan asal Kanada ini pun kabarnya ditawar dengan total harga USD 4,7 miliar atau Rp 54 triliun ( 1 USD = Rp 11.494). Menurut CNBC yang dikutip detikINET, Selasa (24/9/2013), BlackBerry rencananya akan dibeli oleh sebuah konsorsium yang dipimpin Fairfax Financial Holding Limited. Nantinya, perusahaan yang dahulu bernama Research in Motion ini akan dijadikan privat company. Fairfax Financial sendiri merupakan perusahaan yang dipimpin oleh Prem Watsa. Dia sebelumnya pernah memiliki saham di BlackBerry sebesar 10%, sampai kemudian Watsa mengundurkan diri tak lama setelah BlackBerry diumumkan untuk dijual.
Kendati harga sudah ditentukan, namun kabarnya pengumuman mengenai pembelian ini baru akan terjadi pada 4 November mendatang. Dengan catatan, harga mungkin masih saja berubah, tergantung sumber dana dari konsorsium tersebut. Bila kata sepakat sudah didapatkan, rinciannya adalah saham BlackBerry akan dijual dengan harga USD 9 per lembar.Pekan lalu, BlackBerry mengatakan pihaknyamerumahkan 40 % dari total tenaga kerja yang kerja dan diharapkan untuk menekan kerugian pada kuartal kedua yang mencapai USD 1 miliar. Belum ada keterangan resmi dari pihak BlackBerry terkait masalah pembelian saham BlackBerry tersebut.

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN


Berdasarkan pembahasan diatas maka kami menyimpulkan bahwa Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empiric) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi-proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar.
Dari berbagai penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa penalaran dalam prosesnya ada 2 macam yaitu penalaran Induksi dan penalaran Deduktif. Penalaran Induktif adalah proses penalaran untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku umum berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat khusus. Prosesnya disebut Induksi. Dalam penalaran Induktif ini ada 3 jenis penalaran Induktif yaitu Generalisai, Analogi, dan Hubungan sebab akibat ataupun hubungan akibat–sebab. Penalaran Deduktif adalah proses penalaran untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku khusus berdasarkan fakta-fakta yang bersifat umum. Prosesnya disebut Deduksi. Jenis penalaran Deduktif ini diantaranya ada Silogisme dan Entinem.


REFERENSI

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar